Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat Punggung

Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat Punggung

Newtutorial Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat Punggung. Berbicara tentang jerawat punggung memang sangat berbeda dengan jerawat yang bisa kita alami pada wajah. jerawat punggung ini memiliki gejala yang berbeda dengan gejala umum pada jerawat wajah. jerawat punggung identik degan jerawat yang hitam dan cepat kering. dan ciri khas jerawat ini adalah jerawat ini bisa tumbuh dalam waktu yang lumayan panjang.

Gejala dan penyebab umum dari jerawat ini adalah infeksi akibat kerja di pori-pori kulit. bakteri ini biasnya tersumbat minyak dan kotoran.biasaya jerawat ini menyerang kaum pria terutama yang kurang menjaga kebersihan. dan gejala umumnya keringat terperangkap dan menimbulkan jerawat punggung. 

Nah selain keringat dan infeksi ternyata jerawat punggung ini juga bisa di sebabkan oleh beberapa hal yang terjadi pada kehidupan sehari-hari. apa saja penyebab jerawat punggung ini, berikut ini kami sajikan beberapa penyebab jerawat punggung : 

Penyebab utama Jerawat Muncul di Punggung Dan Dada

1. Memakai Kondisioner

Selain keringat kondisioner ternyata juga menyadi penyebab utama dari jerawat, Kondisioner memang dipakai pada rambut namun kandungan silikon pada kondisioner juga dapat memicu timbulnya jerawat. Oleh karenanya saat menggunakan kondisioner usahakan jangan sampai mengenai kulit punggung anda.

2 Memakai Pelembut dan Pewangi Pakaian

selain konditioner, penyebab utama jerawat punggung adalah pelembut pakaian. Pelembut atau pewangi pakain juga dapat memicu timbulnya jerawat, itu karena pada tipe kulit tertentu tidak cocok dengan bahan pewangi atau pelembut pakaian sehingga menimbulkan iritasi yang dapat mengakibatkan jerawat.

3 Penggunaan Tas
Nah kalau yang ini, Tas sebenarnya bukan merupakan salah satu penyebab jerawat namun penggunaan tas dengan beban yang berat mampu menghambat keringat dan membuatnya terkunci pada bagian tubuh tertentu sehingga dapat memicu timbulnya jerawat. Jika anda memakai tas sebaiknya memilih tas dengan tali yang tipis.

4 Pemakaian Pakaian Yang Kurang Tepat
Yang terakhir, penyebab Jerawat dipunggung atau dada juga bisa dipengaruhi oleh penggunaan pakaian yang kurang sesuai. Misalnya menggunakan pakaian yang terlalu ketat atau dari bahan-bahan yang tidak mudah menyerap keringat dan mudah panas.


Baca Juga
Baca Juga

Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung
Nah setelah anda mengetahui penyebab jerawat punggung, maka saatny anda melakukan tindakannya. Dengan mengetahui penyebabnya maka kita akan dapat mengantisipasi dan melakukan pencegahan. Namun bagi anda yang sudah terlanjur terkena jerawat pada punggung anda maka berikut cara yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan jerawat di punggung anda :

1 Menjaga Kebersihan Tubuh
Pada intinya penyebab jerawat ialah kurangnya menjaga kebersihan kulit yang selanjutnya

bercampur dengan bakteri dan menimbulkan jerawat. Cara yang bisa anda lakukan untuk menjaga kebersihan kulit punggung ialah dengan mandi menggunakan sabun kesehatan atau sabun anti bakteri.

2 Melakukan Scrub

Melakukan scrub secara teratur bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati sehingga tidak terinfeksi oleh bakteri yang mengakibatkan jerawat. Anda bisa melakukan scrub dengan butiran yang halus secara teratur misal 1 minggu sekali. Dengan scrub anda dapat meminimalisir iritasi pada kulit punggung namun jangan juga terlalu sering karena jika terlalu sering juga kurang baik bagi kulit. Dosis aman scrub teratur ialah 1 minggu sekali. Akan tetapi cara ini hanya bisa dilakukan jika jerawat belum meradang sampai parah atau membentuk jerawat batu, jika sudah terlalu parah maka akan berbahaya karena dapat menyebabkan infeksi pada peradangan yang terjadi.

3 Memakai Putih Terlur

Telur memang memiliki banyak khasiat bagi tubuh salah satunya dapat mengobati jerawat. Caranya pisahkan putih telur dan kuning telurnya kemudian putih telur ini dioleskan pada bagian punggung yang berjerawat dan diamkan selama kurang lebih 30 menit, setelah itu bilas menggunakan air bersih. Cara ini bisa dilakukan secara rutin menjelang mandi.

4 Memakai Buah Tomat
Buah tomat bisa dijadikan alternatif pengganti scrub. Caranya siapkan buah tomat yang matang dan haluskan dengan blender, setelah itu oleskan pada kulit punggung yang berjerawat dan biarkan hingga mengering setelah itu bilas dengan air bersih.

5 Menggunakan Obat Aspirin

Aspirin merupakan obat penurun demam yang paling umum digunakan, akan tetapi obat ini juga dapat menghilangkan jerawat di punggung karena mengandung anti flamasi. Caranya ialah dengan menghaluskan aspirin dan mencampurnya dengan air secukupnya, setelah itu oleskan pada kulit punggung dan biarkan sekitar 15-20 menit selanjutnya bilas menggunakan air es.

6 Menggunakan Kulit Jeruk
Sepeti yang kita tahu bahwa jeruk merupakan salah satu buah yang mengandung vitamin C tertinggi. Yang akan kita manfaatkan dari buah ini adalah kulitnya yang dipercaya dapat menggobati jerawat pada punggung. Caranya adalah rendam kulit jeruk yang telah mengering kedalam air kemudian haluskan menggunakan blender dan tambahkan bebera sendok susu, diamkan selama kurang lebih 15-20 menit dan bilas menggunakan air dingin atau air es.

7 Memakai Buah Lemon

Buah lemon dapat mengobati jerawat pada punggung beserta bekasnya yakni berupa noda atau flek hitam karena buah lemon mengandung Vitamin B, Vitamin C, karbohidrat serta fosfor. Caranya adalah dengan memeras satu buah lemon yang dicampur dengan sedikit air, lalu oleskan pada permukaan kulit punggung yang berjerawat menggunakan kapas atau kain halus. Diamkan hingga kering dan bilas menggunakan air bersih sesudahnya.

Demikian Newtutorial Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat Punggung. jika ada pertanyaan seputar cara menghilangkan jerawat punggung silahkan anda berkomentar !

Share this:

Disqus Comments